Kamis, 14 November 2013

Surga dan Neraka itu tidak Kekal





RESENSI BUKU

Analisi buku :

Judul                     : Surga & Neraka Itu Tidak Kekal
Pengarang              : Agus Wahyudi
Tebal buku             : 237 halaman
Tahun terbit           : Februari 2011
Penerbit                : DIVA Press
Harga buku           : Rp.15.000,-

Isi buku :
buku ini menceritakan tentang sesungguhnya surga dan neraka ini tidak kekal, sebelum membahas tentang apakah surga dan neraka itu tidak kekal sebelumnya di bahas terlebih dahulu tentang segala sesuatu yang allah ciptakan, dimulai dari penciptaan bumi, langit, dan seluruh tata surya yang ada di dalamnya. Sesungguhnya langit ini dapat di definisikan ke dalam dua macam, didalam buku ini di ceritakan bahwa yang di maksud langit pertama adalah tujuh lapisan atmosfer bumi, yaitutrofosfer,stratosfer,ozonosfer,mesosfer,termosfer,ionosfer, dan eksosfer. Atmosfer ini memiliki fungsi-fungsi tersendiri dalam melindung bumi yang kita tempati sekarang ini. Banyak ayat al-Quran yang menyatakan tentang tujuh lapisan langit ini yang dapat kita definisikan dengan atmosfer. Selain sebagai atmosfer makasud tujuh lapisan langit adalah alam-alam di sekeliling kita yang tidak tercapai oleh nalar pikiran kita, yaitu alam tiga dimensi yang kita tempati sekarang ini, alam empat dimensi yang di dalamnya terdapat jin dan jiwa kita, alam lima dimensi yaitu alam kubur, alam enam dimensi yaitu alam penantian atau alam barzakh, alam tujuh dimensi yaitu alam kebangkitan yang termasuk pada akhirat, alam delapan dimensi yaitu surga dan neraka, dan yang terakhir yaitu alam sembilan dimensi yaitu alam tinggi.
Selain itu, buku ini juga menceritakan bagaimana awal dan akhir kehidupan, dimulai dari penciptaan bumi  beserta langit itu sendiri sampai bagaimana bumi dan langit itu hancur lebur tanpa bekas atau yang kita sebut dengan kiamat. Kiamat dapat dibagi kedalam dua macam, yaitu kiamat sughra dan kiamat kubra. Semua manusia akan merasakan bagaimana kiamat sughra, karena dalam buku ini diceritakan bahwa kiamat sughra adalah ketika kita mati yaitu ketika jiwa kita terpisah dari badan kita sehingga jiwa kita memasuki alam yang lebih tinggi. Yang kedua  kiamat kubra yaitu dimana seluruh yang allah ciptakan akan hancur tanpa membekas sedikitpun, dimulai dari alam tiga dimensi ini yaitu bumi yang kita tempati sekarang, sampai alam sembilan dimensi. Semuanya akan musnah tidak ada yang kekal, hanya Allah lah yang kekal dari semua ini.
Sehingga dapat kita simpulkan pada kiamat kubra nanti semua alam akan musnah, termasuk alam delapan dimensi yang di dalamnya terdapat surga dan neraka. Jadi dapat disimpulkan bahwa sesungguhnya surga dan neraka ini tidak kekal, karena yang kekal hanya lah Allah SWT.

kelebihan :
Tampilan cover buku ini menari untuk para pembaca, kertas yang digunakan juga bagus.  Untuk bagian isi Buku ini bagus sekali karena setiap argumen yang ia berikan selalu di kuatkan dengan setiap hadits dan ayat alquran yang dituliskan, buku ini juga menjelaskan setiap kata yang di dalamnya secara detail,

Kekurangan:
Dalam bagian isi buku ini kurang memaparkan secara jelas tentang surga dan neraka yang tidak kekal ini, terlalu banyak apersepsi di dalamnya sehingga bahasan surga dan neraka yang tidak kekal ini hanya satu bab. Di dalamnya juga banyak kata yang diulang-ulang.

Kesimpulan : buku ini menurut saya tidak bisa di baca oleh semua kalangan, hanya kalangan yang memiliki keimanan yang kokoh yang bisa membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar