Rabu, 25 Desember 2013

Boneka dan Remaja



Remaja dan boneka
Sebenarnya ada hubungan apa dengan remaja dan boneka???

Ketika kita berjalan-jalan ke sebuah mall kita pasti sering melihat seorang perempuan yang remaja bahkan dewasa sedang meneriakan kata seperti ini :
 “iihhh boneka nya lucuu”
“suka sama bonekanya...”
“aku mau kado boneka”
Sebenarnya idealnya hal ini dilakukan oleh anak yang masih balita, karena memang boneka bisa dikatakan sebagai teman bagi mereka, alat untuk bermain, atau teman tidur. Tidak salah memang jika hal itu juga dilakukan oleh anak yang sudah remaja, tapi saya masih penasaran sebenarnya ada apa????
Berdasarkan pengalaman rentang umur ketika seorang menyukai boneka
Ketika berumur 0 – 6 tahun
Pada saat berada pada umur ini boneka merupakan teman ketika sendiri karena pada umur ini kita belum meiliki teman banyak, hanya orang tua dan keluarga atau meungkin tetangga samping rumah saja. Kang juga boneka digunakan untuk bermain peran sebagai ibu dan boneka sebagai anak, sebenarnya ini adalah proses anak meniru tingkah laku orang tua ketika memperlakukan anaknya. bahkan belajar menjahit baju untuk di pakai oleh boneka atau kadang boneka dipakaikan dengan baju yang kita punya, atau bisa sebagai teman tidur agar tidak merasa sendiri sebenarnya ini untuk melatih kemandirian kita. Yah saat ini boneka di manfaatkan seperti idealnya di buat berdasarkan tujuannya.

Ketika berumur 6 – 13 tahun
Ingatkah kalian, apakah pada saat ini kalian bermain boneka?? Saya rasa tidak.
Pada rentang umur ini, kalian ada di masa sedang sekolah dasar. Pada saat ini mungkin sebagian besar akan malu masih bermain boneka, jadi semua boneka yang kalian miliki ketika balita kalian buang atau segera di wariskan kepada adik kalian. Pada saat ini kalian menjauhi boneka. Kalian pada saat ini mulai memiliki banyak teman yang seumuran, apa yang kalian mainkan pun sekarang sudah berbeda, kalian mulai belajar memasak dengan menggunakan api yang sesungguhnya, dan kalian akan merasa malu memainkan mainan ketika kalian balita dulu, artinya pada masa rentang umur ini tidak ada boneka pada kehidupan kalian.

Ketika berumur 14 – 23 tahun
Nah saat ini adalah masa puber kalian sampai masa remaja sampai awal dewasa. Bisa kalian lihat pada rentan umur ini di kamar tidur kalian mulai di penuhi boneka kembali, silahkan tanya diri sendiri? Benar tidak??
Ada apa sebenarnya??
Menurut saya ( tanpa referensi dari manapun, tanpa penelitian ilmiah)
Kenapa pada masa ini mulai menyukai boneka kembali adalah karena pada masa ini mereka mulai menyukai kelembutan kembali. Diperlakukan dengan lembut, baik itu oleh hati, maupun oleh kulit. Pada masa ini kalian mulai mengenal dengan lawan jenis, dan mulai berpacaran, dan apa hadiah yang akan di berikan oleh pacar kalian ketika kalian ulang tahun?? Jawabannya adalah BONEKA.
Pada saat kalian balita kalian di perlakukan dengan lembut oleh orang tua kalian, di belikan pakaian yang paling lembut agar kalian nyaman dalam bergerak, dan segala sesuatu yang lembut lainnya. Nah... pada saat remaja ini lah kalian juga mulai membutuhkan kelembutan kembali dari seseorang yang baru, pacar kalian pasti memperlakukan kalian dengan lembut sekali . . .
Boneka juga merupakan sesuatu yang lembut, sebagai bantalan ketika kalian tidur, bahkan hanya untuk di peluk ketika kalian duduk sambil membaca novel, seakan boneka adalah pengganti pacar kalian yang tidak ada di samping kalian....
Ya... intinya ada pada kelembutan....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar